top of page
Search
Writer's pictureYoga Fit Indonesia

Apa itu Yoga? Apa saja manfaatnya bagi kesehatan?

Updated: Jan 15, 2023


Yoga (Aksara Dewanagari) berasalah dari bahasa Sansekerta yang berarti "penyatuan", yang bermakna "penyatuan dengan alam" atau "penyatuan dengan Sang Pencipta".


Yoga merupakan salah satu dari enam ajaran filsafat Hindu, yang menitikberatkan pada aktivitas meditasi di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indranya dan tubuhnya secara keseluruhan. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernapasan, olah tubuh dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktikkan selama lebih dari 5000 tahun.


Yoga belakangan ini menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati banyak orang. Meskipun sering dikenal sebagai olahraga meditasi, manfaat yoga tidak hanya baik untuk kesehatan mental, tapi juga baik untuk kesehatan fisik.


Yoga sebenarnya adalah olahraga tubuh dan pikiran, karena yoga menggabungkan latihan pernapasan, meditasi, serta pose dan gerakan yang dirancang untuk memberikan efek relaksasi dan mengurangi stres.


Manfaat Yoga bagi kesehatan fisik dan mental


Sebelum memutuskan untuk mulai melakukan yoga, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat yoga. Berikut adalah beberapa manfaaat yang akan dirasakan setelah rutin melakukan yoga :


  1. Mengurangi Stres

Studi menunjukkan bahwa yoga bisa mengurangi rasa gelisah, stres serta dapat memperbaiki mood. Bahkan, manfaat yoga juga dapat dirasakan pada seseorang yang mengalami gangguan cemas, skizofrenia, dan gangguan tidur.


2. Meningkatkan Kebugaran


Selain dapat mengurangi stres, manfaat yoga lainnya adalah membuat tubuh menjadi lebih bugar, memperbaiki postur tubuh, serta menambah kekuatan tubuh, jangkauan gerak, dan kelenturan tubuh.


3. Baik untuk penderita sakit jantung


Jika Anda memiliki risiko penyakit kronis, seperti tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, yoga bisa menjadi olahraga yang cocok. Yoga dapat meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah, sehingga dapat meringankan beban kerja di jantung.


Studi menunjukkan, di samping pengobatan yang medis, pasien gagal jantung yang berlatih yoga mengalami peningkatan kesehatan jantung dan peningkatan kualitas hidup dibandingkan dengan pasien yang tidak melakukan yoga secara rutin.


4. Mengatasi Back Pain


Bagi Anda yang mengalami back pain / sakit punggung, yoga juga bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat. Bahkan, jika Anda mengalami sakit punggung kronis sekalipun. Hal ini karena gerakan peregangan tubuh yang ada pada yoga dapat membantu Anda melenturkan tubuh.

0 comments

Comments


bottom of page