top of page
Search
Writer's pictureYoga Fit Indonesia

MAU MULAI YOGA? INI REKOMENDASI KELAS PEMULA YANG BISA KAMU IKUTI!

Updated: Oct 5, 2023


Yoga Basic Pose
Yoga Basic

Sebelum memulai untuk Yoga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, khususnya bagi kamu yang masih terbilang pemula ataupun kamu yang belum pernah melakukan yoga ataupun mengikuti kelas yoga sebelumnya. Pemula yoga perlu menyadari bahwa yoga adalah kegiatan yang bisa dikatakan susah-susah gampang, karena kamu harus 100% mengandalkan tubuh, pikiran dan jiwa kamu dalam melakukannya.


Yoga adalah olahraga atau aktivitas work-out yang tentunya bisa dilakukan dimana saja, yoga berfokus pada kelenturan atau fleksibilitas tubuh, kekuatan, meditasi dan teknik pernapasan untuk meningkatkan kesehatatan fisik, mental hingga pikiran. Oleh karena itu, terdapat beragam macam pilihan dan jenis kelas dalam yoga, seperti Ashtanga Yoga, Hatha Yoga, Power Yoga, Vinyasa Yoga, Core Yoga, Aerial Yoga, Wheel Yoga, hinnga Hot Yoga atau Bikram Yoga, karena terlalu banyaknya pilihan kelas dalam yoga, untuk itu artikel ini akan membahas kelas apa yang cocok dan bisa diikuti oleh pemula dalam yoga tanpa harus khawatir kamu tidak dapat melakukannya dan juga terhindar dari cedera.


Berikut adalah rekomendasi kelas - kelas yoga yang bisa diikuti oleh kamu yang terbilang pemula


1. Yoga Basic


Yoga Basic adalah bentuk kelas yoga yang sangat cocok untuk pemula. Kelas ini fokus pada pose-pose dasar dalam yoga dan pernapasan yang benar. Kamu akan belajar pose atau gerakan dasar dalam yoga, termasuk bagaimana cara kamu mengatur pernapasan di dalam kelas. Kelas ini juga biasanya fokus pada gerakan-gerakan stretching, sehingga memudahkan bagi pemula untuk mengikuti gerakan.


2. Hatha Yoga


Hatha yoga adalah bentuk yoga yang sangat coock untuk pemula. Kelas ini akan berfokus pada postur dasar dan pernapasan yang benar. Kamu akan belajar dasar-dasar gerakan dalam yoga, termasuk teknik pernapasan yang sangat penting dilakukan ketika yoga. Aliran gerakan dalam kelas Hatha Yoga dapat dikatakan cukup lambat dan cocok untuk mereka yang ingin membangun fondasi dasar yang kuat.


3. Yin Yoga


Jika kamu mencari sesuatu yang lebih santai, yin yoga adalah pilihan kelas yang bagus. Ini adalah kelas yoga yang menekankan perpanjangan otot dan relaksasi. Kamu akan melakukan gerakan peregangan yang dilakukan selama beberapa menit, mengendurkan otot dan meningkatkan fleksibilitas.


4. Yoga Therapy


Untuk kamu yang memiliki masalah atau menderita penyakit yang berhubungan dengan kesehatan seperti stres, tekanan darah tinggi, dan penyakit pinggang, kelas yoga therapy sangat bagus untuk kamu ikuti. Kelas yoga therapy membantu kamu menyeimbangkan tubuh dan pikiran, berfokus pada kesehatan fisik, emosional dan mental. Kelas ini menggunakan gerakan-gerakan, perhatian yang penuh, relaksasi, dan meditasi untuk memnbantu kamu rileks, mengurangi rasa stres, dan mebantu mengelola kondisi atau gejala yang dialaminya.


5. Gentle Yoga


Kelas ini adalah kelas yang cocok untuk semua level, baik pemula hingga mereka yang sudah advance. Gentle Yoga membantu kamu untuk memperkuat tubuh, membantu menghilangkan rasa stres dan membuat pikiran menjadi lebih tenang, hingga mampu meningkatkan rasa percaya diri kamu. Kelas ini merupakan kategori kelas dengan gerakan yang lambat. Kelas ini dapat membantu kamu orang untuk mengelola rasa sakit yang diderita, terutama rasa sakit pada radang sendi. Kelas ini baik bagi kamu untuk membentuk postur tubuh.



Dengan begitu banyak pilihan kelas yoga yang ada, penting bagi kamu untuk mencoba beberapa jenis kelas yang berbeda untuk menemukan kelas yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Ingatlah untuk selalu mendengarkan dan memahami kondisi tubuh kamu dan bergerak sesuai kemampuan yang kamu miliki. Jadilah pribadi yang konsisten dalam kegiatan yoga dan kamu akan merasakan manfaatnya seiring berjalannya waktu.


Jadi, apa yang kamu tunggu? Mulailah perjalanan yoga kamu hari ini dengan salah satu kelas yang kami rekomendasikan di atas. Dapatkan kelas pertamamu secara gratis di Yoga Fit Indonesia di sini.



0 comments

Comments


bottom of page