top of page
Search

Mengenal Swing atau Aerial Yoga, Yoga untuk Bentuk Tubuh menjadi Indah!

Updated: Sep 26, 2023


Selama ini mungkin orang mengenal olahraga Yoga sebagai olahraga meditasi yaitu duduk bersila dalam posisi lotus sambil memejamkan mata dan menarik nafas dalam-dalam. Padahal, ada Yoga memiliki banyak macamnya, salah satunya adalah swing yoga atau aerial yoga.


Lalu, apa sih sebenarnya Swing Yoga?


Swing yoga sering disebut juga dengan anti-gravity yoga, karena kamu akan belajar melatih keseimbangan dan melawan gravitasi ketika kamu sedang mengikuti kelas yoga ini. Menggabungkan gerakan - gerakan dasar yoga dengan gerakan gimnastik, pilates dan akrobatik membuat swing yoga tidak hanya seru untuk dilakukan tetapi juga dapat membakar banyak kalori, mengencangkan serta membentuk tubuh.

Swing yoga berbeda dengan yoga pada umumnya dilakukan di atas matras dan menggunakan blok sebagai alat bantu. Swing yoga menggunakan alat bantu berupa selendang atau yang sering disebut sebagai hammock atau swing untuk membantu dalam melakukan gerakan - gerakan yoga di udara, sehingga sering juga disebut sebagai aerial yoga. Adapun manfaat lain dari swing yoga atau aerial yoga :


  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Ada banyak sekali gerakan dalam swing yoga yang mengharuskan memposisikan badan terbalik, posisi kepala di bawah dan posisi badan berada di atas dan berat badan ditopang oleh hammock atau swing. Beberapa pose tersebut sangat bermanfaat untuk melancarkan aliran oksigen menuju ke dalam otak, sehingga sirkulasi darah dalam tubuh seluruhnya juga akan menjadi lancar.


2. Meningkatkan Fleksibilitas


Selain melatih keseimbangan karena kamu diharuskan untuk melakukan gerakan yang bergelantungan di atas hammock, swing yoga ini juga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuhmu. Gerakan - gerakan dalam swing yoga akan melatih tubuhmu untuk lebih lentur saat badan bergerak dengan ditopang oleh hammock. Oleh karena itu, tingkat fleksibilitas dari tubuh kamu akan meningkat setelah kamu melakukan beberapa latihan pastinya.


3. Membakar Kalori


Beberapa gerakan dari swing yoga mengharuskan kamu menahan beban tubuh kamu dengan sangat kuat, sehingga pada saat kamu melakukan itu banyak kalori yang akan terbakar.


4. Menghilangkan Nyeri Tubuh


Tarikan dari swing atau hammock akan memberikan banyak peregangan di antara ruas punggung, sehingga baik untuk mengobati sakit punggung, meredakan nyeri pada bahu, saraf kejepit, dan juga scoliosis.


5. Anti-Aging atau Mencegah Penuaan Dini


Gerakan melawan grafitasi pada swing yoga tidak hanya menguatkan otot perut dan kaki, tapi juga dapat mengencangkan kulit wajah, sehingga memperlambat proses penuaan dini.

0 comments

Comments


bottom of page