top of page
Search
Writer's pictureYoga Fit Indonesia

Lebih dekat dengan Hot Yoga dan Manfaatnya bagi Kesehatan!

Updated: Sep 20, 2023


Hot yoga class room at yoga fit indonesia, fit for detoxing.
Hot Yoga Room

Mungkin banyak sekali yang bertanya tentang, Apa itu Hot Yoga? dan Apa manfaat Hot Yoga bagi kesehatan? Nah, dalam artikel ini akan kita bahas mengenai apa itu Hot Yoga dan apa manfaat Hot Yoga bagi kesehatan.

Hot Yoga adalah salah satu metode detoksifikasi yang cukup populer saat ini. Hot yoga dilakukan mirip dengan yoga pada umumnya yakni dengan menggunakan matras dan melakukan beberapa pose yoga, hanya saja Hot Yoga dilakukan di ruangan berpemanas dengan suhu di atas 38 derajat celcius.


Penerapan suhu ruangan yang cukup tinggi ini tentu bukan tanpa alasan. Dikutip dari Livescience, suhu panas dapat memicu lebih banyak keringat yang keluar dari tubuh. Selain itu, suhu panas juga membantu menghangatkan otot sehingga memungkinkan peregangan yang lebih jauh dan lebih fleksibel. Simak penjelasan detail Hot Yoga disini


Adapun berikut manfaat Hot Yoga bagi kesehatan :


  1. Melonggarkan Otot

Dikutip dari healthline, suhu yang panas membuat otot menjadi lebih fleksibel dan mampu meregang lebih jauh.


2. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular


Berolahraga dengan kondisi suhu panas yang tinggi tentu dapat membakar lebih banyak kalori. Hal tersebut dapat tentunya dapat membantu menjaga kesehatan jantung.


3. Baik untuk pernapasan


Dengan melakukan Hot Yoga, membantu meningkatkan kapasitas paru - paru saat dilakukan rutin dari waktu ke waktu.


4. Meningkatkan Durasi dan Kualitas Tidur


Melakukan Yoga sebelum tidur adalah salah satu cara yang baik untuk melepaskan semua yang anda pegang secara fisik ataupun mental sebelum tenggelam ke dalam tidur yang nyenyak di malam hari.


5. Mengurangi Stress


Sebuh studi mengatakan jika Hot Yoga semakin sering dilakukan rutin dari waktu ke waktu maka dapat mengurangi tingkat stres.



Apakah Hot Yoga aman untuk dilakukan?


Sama halnya dengan olahraga lain, melakukan hot yoga pun harus dengan kehati-hatian. Orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, diabetes, tekanan darah rendah, dehidrasi, stroke, serta perempuan yang sedang hamil sangat tidak disarankan untuk melakukan Hot Yoga ini.


0 comments

Comments


bottom of page